Sabtu, 15 Oktober 2016

………………...(sekolah anda)
Jalan.Sragen Balong Km12

PERSEMBAHAN
Karya tulis ini kami persembahkan kepada :
1.Bapak (Kepala sekolah anda) M.Pd selaku kepala sekolah
2.Bapak (wali kelas anda) selaku wali kelas (kelas anda)
3.Ibu (guru yang member tugas) selaku guru Bahasa Indonesia
4.Ayah dan Ibu tercinta
5.Adik dan Kakak kelas tercinta dan pembaca

i
MOTTO
ETujuan dari belajar adalah untuk terus tumbuh (Martimer Adler)
EPendidikan bukanlah suatu proses untuk mengisi wadah yang kosong akan tetapi pendidikan adalah suatu proses menyalakan api pikiran (W.B Yeats)
EIlmu itu diperoleh dari lidah yang gemar bertanya serta akal yang suka berfikir (Abdullah Bin Abbas)
EDimanapun anda berada jadilah orang yang berguna bagi siapa saja (Bapak Rinoto)
EKesopanan adalah pengalaman yang baik bagi kaburukan lainnya (Cherterfield)
EManusia tidak merancang untuk gagal, mereka gagal untuk merancang (William J.Siegel)
EHanyalah kebodohan meremehkan pendidikan (P.Syrus)
EJika seseorang berusaha menguji kesabaranmu, sadar dan ingatlah bagaimana Tuhan telah bersabar terhadapmu (Internet)

ii
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia dan izin-Nya kami dapat membuat makalah tentang perjalanan wisata ke Bali dengan baik. Dalam kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak guru yang telah membimbing sehingga kami dapat  menyelesaikan makalah  ini dengan baik, karena dengan terbuatnya makalah ini , bukanlah semata-mata menyusun kalimat atau materi yang kita peroleh akan tetapi mengandung komitmen  moral yang dapat mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu yang telah  kami peroleh di kehidupan masyarakat.
Harapan kami adanya penelitian ini adalah sebagai titik awal untuk menapaki kehidupan masa depan. Kami juga menyadari masih banyak kekeliruan dalam pembuatan makalah ini, maka dari itu kami sangat membutuhkan saran untuk mengembangkan makalah kami ini agar menjadi lebih baik  kepada  semua  pihak  yang  telah  bekerja  keras  sesuai  dengan kapasitasnya  masing-masing  disertai  dedikasi  tinggi  dan hati  yang ikhlas untuk menyelesaikan makalah ini, kami sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

iii
DAFTAR ISI

PERSEMBAHAN…………………………………………………………….i
MOTTO………………………………………………………..……………....ii
KATA PENGANTAR..........................................................................................iii
DAFTAR ISI  ......................................................................................................iv
BAB I PENDAHULUAN
          (1.1) Latar Belakang..................................................................................1
          (1.2) Manfaat Penelitian............................................................................1
BAB I ISI
(2.1) Waktu dan Tempat Pelaksanaan....................................................2-3
(2.2) Objek Wisata di Bali
                        j.Tari Barong………………………………………………...16-17
                        k.Cening Bagus………………………………………………18
BAB III PENUTUP
         (5.1) Kesimpulan….......................................................................................19
         (5.2) Saran  ...............................................................................................19

iv
BAB I
PENDAHULUAN

(1.1) Latar Belakang
Berbicara tentang sistem pendidikan dengan berbagai lembaga yang menyertainya ibarat membicarakan gelombang air laut yang tiada hentinya. Asumsi ini tidaklah berlebihan karena banyak hal yang bisa ditinjau di dalamnya serta banyak pula persoalan fundamental melingkupinya yang notabene membutuhkan upaya-upaya untuk memecahkan permasalahan pendidikan tersebut.
Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki objek wisata yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Disana terdapat budaya yang begitu kental dan melekat pada masyarakatnya. Banyak budaya Bali yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia, beberapa diantaranya yaitu Tari Pendet, Tari Kecak, Subak (sistem terasering pada sawah), dan masih banyak lagi.
Berdasarkan uraian di atas, maka judul dalam penelitian ini adalah “LAPORAN PERJALANAN WISATA KE BALI.

(1.2)Manfaat Penelitian

1).Untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia.
      2).Bertambahnya ilmu pengetahuan yang didapat dari pengenalan objek-objek yang dituju. Banyak teori yang didapat didalam lingkungan sekolah dengan diperkuat dengan teori yang didapat diluar lingkungan sekolah.
      3).Menambah rasa kebersamaan sehingga terjalin adanya komunikasi yang lebih baik, rasa kesetiakawanan, juga keharmonisan dalam berwisata.
       4).Untuk melatih diri kita agar senantiasa menjaga sekaligus melestarikan budaya seperti orang-orang Bali yang dapat menjaga tradisi para leluhurnya sampai saat ini.
       5). Indahnya pesona alam Bali yang membuat kita selalu merasa bersyukur atas ciptaan Tuhan sehingga diakui oleh dunia internasional.

BAB II
                                   ISI

(2.1) Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Study wisata ini dilaksanakan pada tanggal 25 September – 29 September  2016. Di Bali  selama 5 hari kami mengamati objek wisata kurang lebih selama 3 hari di pulau Dewata tersebut.
a.Pemberangkatan
Pemberangkatan dilaksanakan  pada hari Minggu, tanggal 25 September kurang lebih pukul 09.30 WIB. Sebelum pemberangkatan siswa-siswi berkumpul di SMP N 1 Sambirejo pukul 08.00 WIB.Sebelum pemberangkatan kami berdoa yang dipimpin oleh Bpk.Parjo selaku wali kelas kami ,pada pukul 09.40 WIB siswa mulai perjalanan menuju Bali menggunakan 5 bus.
b. Perjalanan ke Pulau Bali
Setelah panjang lebar Tourleader kami menjelaskan, kami melanjutkan tidur kembali. Sampai tidak terasa kami sampai di pelabuhan Ketapang, sejenak kami menunggu kapal merapat ke pelabuahan. Di dalam kapal kami masih saja bercanda tawa dengan senangnya sampai tak sadar bahwa kami telah merapat ke pelabuhan Gili Manuk. Tak terasa 1 jam lamanya diatas air laut, kami merasa senang dapat menginjak pulau Dewata Bali untuk yang pertama kali.
c. Perjalanan Selama di Bali
Kira-kira pukul 23:30 WITA hari kedua kami di pelabuhan Gilimanuk. Selesai  menyebrang kami melanjutkan perjalanan ke Tanah Lot. Setelah sampai di Tanah Lot, kami diberi waktu untuk mandi, shalat dan untuk keperluan lainnya. Dengan membayar Rp 5000 kami pergi mandi, setelah merasa segar kami melanjutkan wisata dengan berjalan kaki. Setelah kami puas, kami semua merasakan lapar dan kami makan pagi di Agung Bali. Rombongan meneruskan perjalanan ke Joger.
Kami melanjutkan perjalanan ke Joger sekitar pukul 13.30 WITA kami diberi waktu 1 jam untuk belanja.Setelah puas belanja kami melanjutkan perjalanan ke Bedugul pada pukul 14.00 WITA di Bedugul kami menikmati pemandangan yang indah dan hawa dingin serta angin yang menusuk tulang. Pukul 15.00 kami melanjutkan perjalanan ke sanggeh disana kami ketakutan melihat monyet-monyet yang berkeliaran di sekitar kita. Setelah masuk waktu sore,      kami melanjutkan perjalanan ke hotel Made Bali untuk check-in tepatnya pukul 19.00 WITA.

Selanjutnya kami makan malam dan beristirahat untuk mempersiapkan energy pada hari   esok/hari ke-2 dengan mengunjungi Sanur,Tanjung benoa,Krisna,dan Kuta. Pagi datang dengan cepat, tak terasa kami sudah berada di hari ke-tiga. Setelah sarapan, kami berangkat menuju pantai sanur disana kami diberi waktu satu jam untuk menikmati keindahan pantai sanur kami meningalkan pulau sanur dan menuju tanjung benoa. Di tanjung benoa kami melihat berbagai macam olahraga air dan makan siang disana.Setelah itu kami diberi waktu satu jam untuk. berbelanja di krisna dan menuju pantai Kuta. Kami diberi waktu 45 menit untuk bermain air. Kemudian kami kembali menuju hotel Made Bali, beristirahat dan makan malam disana. Keesokan harinya kami melanjutkan ke Galuh dan tempat tarian Barong.Seusai menonton tarian Barong kami menuju Cening Bagus(Jajanan Bali) kami diberi waktu 1jam untuk berbelanja dan makan siang. Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Gili Manuk. Dari pelabuhan Gili Manuk menuju pelabuhan Ketapang menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam.
 Sesampainya di pelabuhan Ketapang , melanjutkan perjalanan menuju rumah makan Rahayu untuk makan malam sekaligus menjamak sholat  maghrib dan isya’. Kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke Sragen. Kami tiba di Sragen pada pukul 06:00 WIB, dan tiba di SMP N 1 Sambirejo pukul 06:30 WIB.

(2.2) Objek Wisata di Bali

a.Tanah Lot

Pura Tanah Lot
TanahLot 2014.JPG

Pura Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.Sejarah Pura Tanah Lot Bali Indonesia berdasarkan legenda, dikisahkan pada abad ke -15, Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra melakukan misi penyebaran agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali.Pada saat itu yang berkuasa di pulau Bali adalah Raja Dalem Waturenggong. Beliau sangat menyambut baik dengan kedatangan dari Dang Hyang Nirartha dalam menjalankan misinya, sehingga penyebaran agama Hindu berhasil sampai ke pelosok – pelosok desa yang ada di pulau Bali.Dalam sejarah Tanah Lot, dikisahkan Dang Hyang Nirartha, melihat sinar suci dari arah laut selatan Bali, maka Dang Hyang Nirartha mencari lokasi dari sinar tersebut dan tibalah beliau di sebuah pantai di desa yang bernama desa Beraban Tabanan.Pada saat itu desa Beraban dipimpin oleh Bendesa Beraban Sakti, yang sangat menentang ajaran dari Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan agama Hindu. Bendesa Beraban Sakti, menganut aliran monotheisme.Dang Hyang Nirartha melakukan meditasi diatas batu karang yang menyerupai bentuk burung beo yang pada awalnya berada di daratan.Dengan berbagai cara Bendesa Beraban ingin mengusir keberadaan Dang Hyang Nirartha dari tempat meditasinya.
Menurut sejarah Tanah Lot berdasarkan legenda Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual.Batu karang tersebut diberi nama Tanah Lot yang artinya batukarang yang berada di tengah lautan.Semenjak peristiwa itu Bendesa Beraban Sakti mengakui kesaktian yang dimiliki Dang Hyang Nirartha dengan menjadi pengikutnya untuk memeluk agama Hindu bersama dengan seluruh penduduk setempat.Dikisahkan di sejarah Tanah Lot, sebelum meninggalkan desa Beraban, Dang Hyang Nirartha memberikan sebuah keris kepada bendesa Beraban.Keris tersebut memiliki kekuatan untuk menghilangkan segala penyakit yang menyerang tanaman.Keris tersebut disimpan di Puri Kediri dan dibuatkan upacara keagamaan di Pura Tanah Lot setiap enam bulan sekali. Semenjak hal ini rutin dilakukan oleh penduduk desa Beraban, kesejahteraan penduduk sangat meningkat pesat dengan hasil panen pertanian yang melimpah dan mereka hidup dengan saling menghormati.Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana yang mengembara dari Jawa, yaitu Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu, penguasa Tanah Lot yang bernama Bendesa Beraben merasa iri kepadanya karena para pengikutnya mulai pergi untuk mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben kemudian menyuruh Danghyang Nirartha meninggalkan Tanah Lot. Danghyang Nirartha menyanggupi, tetapi sebelumnya ia dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Seluruh tanjung Karang Bolong dan bangunan pura di ujungnya.Objek wisata tanah lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan, sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan.Di sebelah utara Pura Tanah Lot, sebuah pura lain yang dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Pura ini disebut Pura Karang Bolong.

b.Joger
kata joger merupakan gabungan dari 5 Huruf yaitu J . O . G . E . R jika kita cari di kamus bahasa indonesia kata ini belum memiliki arti, ia itu pasti karena kaya JOGER itu sendiri bukan di ambil dari kata yang ada sebelumnya. Pada tahun 1980 Pak Joseph Theodorus Wulianadi (pemilik joger) mengawali usahanya di sebuah pertokoan di Jl. Sulawesi 37, Denpasar. awalnya Joseph Theodorus Wulianadi belum memiliki nama untuk Toko kecilnya itu tidak seperti toko – toko yang berada di sekitarnya sampai – sampai Dinas perdagangan Denpasar meminta agar Toko yang dimilikinya segera di berikan nama sehingga mudah di bedakan antara toko – tokok yang berada di sekitarnya. pada tanggal 9 bulan 9 tahun 1951 Joseph Theodorus Wulianadi merenungkan diri di atas tempat tidurnya beliau merenungkan nama apa yang cocok untuk Tokonya itu. yang jelas Joseph Theodorus Wulianadi tidak ingin nama tokonya di berikan dengan nama yang umum atau yang biasa kita lihat di pasar – pasar atau toko biasa, beliau ingin nama tokonya itu bernama yang Unik artinya nama yang muncul dari dalam hati nurani. seiring detik jam berjalan Tuan Joseph Theodorus Wulianadi teringat dengan jasa besar dari Mr. Gerhard dimana dia telah memberikan dana sebesar $ 20.000 sebagai hadiah pernikahan Joseph Theodorus Wulianadi dengan Istri tercintanya Ery Kusdarijati, Mr. Gerhard merupakan teman sekolahnya dulu  di Hotelfachshule, Bad Wiesee, Jerman Barat, tahun 1970-an.Dengan berjalannya waktu detik jam akhirnya tuan Joseph menggabungkan nama “Joseph” dan nama temannya “Gerhard” sehingga dari nama tersebut diambilah 2 karakter dari kiri dari nama Joseph = JO dan 3 karakter dari kiri Gerhard = GER sehingga jika digabungkan menjadi JOGER.Dan pada tanggal 19 Januari 1981 merupakan hari lahir joger dimana nama joger pertama kalinya digunakan sebagai nama Toko tuan Joseph namun nama Tokonya saat itu belum murni JOGER tapi “ART & BATIK SHOP JOGER” awalnya masyarakat belum tau dan belum tertarik dengan Product yang di jual oleh toko ini namun karena seiring berjalannya waktu dan tren yang terus bergerak akhirnya product – product Toko Joger di terima dan menarik banyak masyarakat karena setiap barang seperti Kaos dan souvenir – souvenir lainnya terdapata  kata – kata yang unik khas Joger. hingga akhirnnya nama Joger menjadi nama besar dan harum. pada tanggal 7 Juli 1987 diputuskan bahwa joger hanya akan di buka di satu toko di Bali dimana hanya akan bisa di jumpai di Jl. Raya Kuta – Bali. dan sejak tahun 1990-an hingga saat ini Joger di sebut sebagai PABRIK KATA – KATA.

c.Bedugul
Bedugul Bali Bedugul berasal dari kata Bedogol. Bedugul ini adalah danau beratan yang paling dangkal, di daerah danau Bedugul ini banyak terdapat hasil pertanian. Hasil pertanian disini yang paling banyak dijumpai adalah buah buahan dan sayuran. Banyak jenis buah-buahan disini diantaranya adalah buah markisa, buah anggur, dan buah manila. Danau Bedugul terletak di Kabupaten Tabanan. Danau Bedugul ini merupakan tempat wisata pilihan di Bali, Suhu udara di Bedugul jauh lebih dingin dibandingkan tempat wisata lainnya.. Kawasan wisata Bedugul, yang terletak di kabupaten Tabanan, menawarkan suasana perbukitan yang menyejukkan dan keindahan danau Tamablingan. Tempat ini juga menawarkan suasana perbukitan dengan suhu sekitar 18 derajat celcius plus danau yang begitu indah. Untuk menikmati keindahan danau di sini, cukup dengan menyewa speed boat anda dapat berkeliling danau. Dekat dengan danau ini juga anda dapat menikmati hidangan santap siang di restoran lokal dengan menu masakan Indonesia maupun juga internasional. Potensi Dibanding kawasan wisata lain di Bali, Bedugul memang beda. Hawa yang sejuk dan suasana yang tenang membuat orang betah berlama-lama di sana. Biasanya, wisatawan yang datang dan menginap di Bedugul adalah wisatawan ‘berkelas’. Mereka tinggal di sini agak lama untuk menikmati ketenangan.Wisatawan juga bisa sepuasnya menikmati keindahan danau sembari berperahu keliling danau atau memancing. Dengan biaya sekitar Rp.85.000 bisa mengelilini danau dengan speed boat.. Jika enggan berperahu atau memancing, bisa duduk berlama-lama di restoran di tepi danau sambil melepas pandangan jauh ke tengah danau yang sangat indah dengan hamparan air yang jernih.

d. Sangeh
Sangeh adalah sebuah tempat pariwisata di pulau Bali yang terletak di Desa Sangeh,Kecamatan Abiansemal,Kabupaten Badung, Bali.Sangeh terkenal karena ini merupakan sebuah desa di mana monyet-monyet (beruk) berkeliaran dengan bebas dan di keramatkan oleh penduduk setempat di sebuah hutan. Di tengah hutan ada pula sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari.Pura ini dibangun oleh Kerajaan Mengwi dan sekarang diserahkan ke penduduk setempat. Monyet di sini memiliki raja dan konon memiliki tiga wilayah kerajaan.                                                     Menurut legenda,adanya Pura Bukit Sari di hutan ini diceritakan secara mitologis dalam Lontar Babad Mengwi. Diceritakan putri Ida Batara di Gunung Agung berkeinginan untuk disungsung di Kerajaan Mengwi. Atas kehendak dia maka hutan pala yang ada di Gunung Agung tempat putri Ida Batara Gunung Agung bermukim pindah secara misterius pada waktu malam.        Ketika perjalanan baru sampai di Sangeh, telanjur ada penduduk yang melihat perjalanan tersebut. Hal ini konon yang menyebabkan hutan pala tersebut tidak bisa berjalan lagi menuju Mengwi dan berhenti di Desa Sangeh sekarang. Konon putra angkat Raja Mengwi yang pertama I Gusti Agung Putu yang bergelar Cokorda Sakti Blambangan menemukan bekas bangunan pelinggih.                                                                                                                                            Putra angkat Raja Mengwi tersebut bernama Anak Agung Ketut Karangasem. Atas penemuan tersebut Cokorda Sakti Blambangan memerintahkan untuk membangun kembali pura tersebut dan diberi nama Pura Bukit Sari. Yang dipuja di pura tersebut adalah Ida Batara Gunung Agung dan Batara Melanting. Pura Besakih di lereng Gunung Agung itu tergolong Pura Purusa atau sebagai jiwa dari Pulau Bali.

e.Sanur
pantai sanur2
Pantai Sanur merupakan salah satu pantai di Pulau Bali yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan panorama alamnya membuat Pantai Sanur terkenal bahkan sejak jaman dahulu. Dalam sejarah Bali kuno, Pantai Sanur telah dikenal sebagai pantai yang indah, hal itu nampak dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, seorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada tahun 917 M. Sekarang, prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong, bagian selatan Pantai Sanur.Pada masa kolonial Belanda, Pantai Sanur terkenal sebagai lokasi pendaratan bala tentara Belanda ketika akan menyerang Kerajaan Badung yang dianggap membangkang pada pemerintah kolonial. Perang yang terjadi pada tanggal 18 November 1906 itu kemudian dikenal sebagai Puputan Badung, yaitu semangat perang sampai mati yang dipraktekkan oleh Raja Badung dan pengikut-pengikutnya.  Dari segi pariwisata, Pantai Sanur mulai dikenalkan ke dunia internasional oleh A. J. Le Mayeur, seorang pelukis dari Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932. Melihat daya tarik Pantai Sanur yang sangat indah, maka Le Mayeur memutuskan untuk menetap di Sanur dengan mendirikan sanggar melukis. Le Mayeur kemudian menikah dengan gadis Bali bernama Ni Nyoman Pollok, seorang penari Legong yang terkenal dan merupakan salah satu model lukisannya. Melalui lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur mulai dikenal oleh dunia internasional. Saat ini, sanggar lukis tersebut telah menjadi Museum Le Mayeur dan dapat dikunjungi oleh publik. Museum Le Mayeur berada dalam area wisata Pantai Sanur.
Berbeda dengan Pantai Kuta yang menyajikan keindahan matahari terbenam (sunset), Pantai Sanur terkenal karena keindahan panorama mentari terbitnya (sunrise). Topografinya yang melengkung dengan hamparan pasir putih yang membentang membentuk gugusan pantai yang elok. Di pagi hari, sembari menikmati detik-detik terbitnya mentari yang mempesona, wisatawan dapat menyaksikan gugusan pulau Nusa Penida di sebelah tenggara serta panorama pantai selatan Pulau Bali.Pemandangan di sore hari juga tak kalah menarik. Surutnya air laut memperjelas pandangan mata pada gugusan Pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut di sebelah selatan Pantai Sanur. Tak hanya itu, jika gelombang air laut tidak begitu besar, wisatawan dapat menyaksikan keindahan batu karang yang membentang berwarna-warni.Pantai Sanur terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Pantai Sanur berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Denpasar dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Jika ingin menggunakan kendaran umum (bemo), wisatawan tak perlu khawatir karena kendaraan umum sangat ramai mondar-mandir antara Sanur-Denpasar.Kawasan Sanur merupakan kawasan pengembangan wisata pertama di Bali, ditandai dengan hadirnya hotel-hotel berbintang serta berbagai macam restoran. Oleh sebab itu, wisatawan tak perlu khawatir jika membutuhkan penginapan atau warung makan di sekitar pantai ini. Selain itu, kawasan wisata Pantai Sanur juga menyediakan kios-kios suvenir yang menjual berbagai barang kesenian serta oleh-oleh khas pantai.

f. Krisna
Krisna merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang berada di Bali tepatnya berlokasi di jalan Nusa Indah Denpasar. Pertama kali dibuka pada tanggal 16 Mei 2001. Disini juga sering digunakan sebagai tujuan wisata study tour dari lembaga-lembaga pendidikan dari dalam maupun luar Pulau Bali. Ada juga cabang Krisna ke dua yang berdoro pada tanggal 16 Mei 2008 yang terletak di jalan Nusa Kambangan Denpasar. Krisna dua ini sering menjadi tujuan wisata belanja karena lokasinya yang strategis yaitu berada di pusat kota sehingga memudahkan anda untuk berbelanja atau hanya sekedar jalan-jalan. Produk unggulan Krisna seperti design kartu bali yang unik dan lucu, dan dibuat sendiri dengan trade mark “Cok Konveksi”.
Ada lagi cabang Krisna ketiga, malah ini termasuk Krisna yang paling terbesar dan terlengkap dari pada yang lainnya. Terletak di kawasan Boulevard Sunset Road Kuta Bali. Dilengkapi dengan adanya Restaurant Grafika yang makanannya sangat enak dan bersih. Ruang belanjanya juga nyaman dengan adanya loby yang luas dengan memberikan kenyamanan dan kepuasan tersendiri bagi anda. Tahun 2009 lalu juga dibuka Krisna empat yang letaknya di jalan Raya Tuban no 2X yang jaraknya hanya lima menit dari Bandar Udara ngurah Rai. Tidak hanya disitu karena Krisna bukanya 24jam.
Kualitas di Krisna sendiri juga sangat baik dan tidak mengecewakan, meskipun demikian jangan kwatir karena soal harganya sangat terjangkau dan tidak beda jauh dengan toko-toko lainnya. Aneka cendera matanya juga beraneka ragam mulai dari T-Shirt, kerajinan tangan, bed cover, pernak pernik, tas kreasi, seni pahat, anyaman, lukisan, sampai cemilan, dan masih banyak lainnya.

g. Tanjung Benoa
Tanjung Benoa adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.                                                                                                                          Tanjung Benoa merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Tempat ini juga merupakan surganya wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Selain itu, terdapat pelayaran menuju Pulau Penyu tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya. Sehingga tidak salah kalau Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.Aktifitas wahana air sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, kalau terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata tirta sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari biasanya sampai jam 4 sore. Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah ''laut dangkal'' dan ''laut dalam''.Pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan/banjar, enam di antaranya masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhannya 400,39 hektar, 226,64 hektar di antaranya adalah luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian luas wilayah Tanjung Benoa hanya 173,75 hektar.

h. Kuta
Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, tepatnya di kabupaten Badung. Pantai ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara yang sangat terkenal. Di Kuta sendiri banyak terdapat pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri.Pantai Kuta sering pula disebut sebagai Sunset Beach atau pantai matahari terbenam sebagai lawan dari pantai Sanur. Sejarah ini bermula dari 300 tahun yang lalu telah dibangun sebuah konco di pinggir “Tukad Mati” dimana sungai tersebut, dahulu dapat dilayari. Perahu masuk ke pedalaman Kuta, sehingga Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang. Mads Longe seorang pedagang Denmark abad ke 19, mendirikan markas dagangnya di pinggir sungai tersebut.Selama tinggal di Bali dia sering menjadi perantara antara Raja-Raja Bali dan Belanda. Mads Longe meninggal secara misterius. Kuburan Mads Longe terletak di sebelah konco di pinggir sungai tersebut. Dahulu Kuta adalah sebuah desa nelayan yang sunyi, sekarang telah berubah menjadi kota kecil lengkap dengan kantor pos, kantor polisi, pasar, apotik, photo centre dan lain-lain. Sepanjang pantai pasir putih yang berbentuk bulan sabit tersebut terhampat banyak hotel mewah.

i. Galuh
galuh merupakan salah satu tempat wisata yang patut anda kunjungi. Bali bukan hanya terkenal akan keindahan pantainya. Bali masih memiliki segudang keindahan yang ditawarkan kepada turis untuk lebih mengenal tentang keindahan dan daya tariknya. Salah satunya melalui warisan seni dan budaya bali. Warisan seni dan budaya sangatlah beragam contohnya tarian serta batik galuh. Tradisi batik bukan hanya ditemukan di jawa saja, Bali juga memiliki tradisi batik tersendiri yang dikenal dengan batik galuh.
Objek wisata batik galuh bali

Tradisi batik merupakan sebuah warisan seni dan budaya oleh nenek moyang dan sampai sekarang masih dilestarikan bahkan cenderung diminati. Salah satu kebijakan yang diambil oleh pemerintah provinsi Bali adalah penggunaan batik kepada staff instansi pemerintah, swasta maupun sekolah-sekolah. Di Bali penggunaan kain batik merupakan tradisi yang masih dijaga dan dilestarikan, salah satunya adalah penggunaan batik saat upacara keagamaan dan serta acara-acara  adat lainnya. Karena itulah melihat tren permintaan pasar yang meningkat akan penggunaan batik membuat banyak produsen batik mulai berkreasi seperti Batik GaluhObjek wisata batik galuh bali terletak di Banjar Tegehe, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, kerajinan kain batik yang dihasilkan memiliki kwalitas tinggi serta keindahan motifnya membuat calon pembeli merasa tertarik. Tidak heran jika batik galuh menjadi salah satu kain batik yang banyak diminati bahkan sampai di ekspor ke kawasan asia dan eropa.
Objek wisata batik galuh yang berlokasi di Kabupaten Gianyar ini merupakan gagasan dari Bpk. Pande Ketut Krisna pada tahun 1976 dibantu oleh saudara-saudaranya dan mendapatkan ijin usaha dari Departemen. Perdagangan pada tahun 1986.

Jika anda ingin mengunjungi usaha tenun batik galuh ini, jaraknya lebih kurang 40 menit  dari bandara ngurah rai bali, dan sekitar 20 menit dari Denpasar.Batik Galuh merupakan ikon pengrajin batik Bali, hampir setiap hari batik galuh selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan khususnya saat liburan. Selain itu jalurnya yang strategis yang searah ke pementasan tari Barong di Batubulan, pengrajin emas dan perak desa Celuk, pasar seni Sukawati, objek wisata Goa Gajah, Tampaksiring dan Kintamani bisa menjadi tujuan berkunjung alternatif dan mendapatkan keperluan oleh-oleh khas Bali.

j. Tari Barong
tari barong adalah salah satu diantara begitu banyak ragam seni pertunjukan Bali. Barong merupakan sebuah tarian tradisional Bali yang ditandai dengan topeng dan kostum badan yang dapat dikenakan oleh dua orang. Ketika tiba disana masing –masing pengunjung diberi lembaran terjemahan bahasa yang isinya inti dari tari barong. Taribarong mengambarkan pertarungan antara “kebajikan” melawan “kebatilan” dan ragda adalah yang maha dasyat mengambarkan “kebatilan” cerita tari barong diceritakan sebagai berikut.
Gending pembukaan
        Barong dan kera berada di dalam hutan yang lebat,kemudian dating tiga orang bertopeng yang mengambarkan sedang berbuat keributan dan merusak ketenangan di hutan. Mereka bertemu dengan kera dan akhirnya berkelahi, dimana kera dapat memotong hidung salah seorang dari mereka.
1. Babak Pertama
    Dua orang muncul dan mereka adalah pengikut-pengikut rangda yang sedang mencari pengikut-pengikut dewi kunti yang sedang dalam perjalanan untu menemui patihnya.
2. Babak Kedua
     Pengikut-pengikut dewi kunti tiba. Salah seorang pengikut rangda berubah menjadi setan. (semacam rangda) dan memasukkan roh jahat kepada pengikut dewi kunti yang menyebabkan mereka menjadi marah. Keduanya menemui patih bersama-sama menghadap dewi kunthi.
3. Babak Ketiga
     Munculah Dewi kunthi bersama anaknya sadewa dan dewi kunthi telah benjanji kepada rangda untuk menyerahkan sadewa sebagai korban. Sebenernya dewi kunthi tidak sampai hati mengorbankan anaknya sadewa kepada rangda. Tetapi setan(semacam rangda) memasukkan roh jahat kepadanya yang menyebabkan dewi kunthi bisa menjadi marah dan berniat mengorbankan serta memerintahkan kepada patihnya untuk membuang sadewa ke dalam hutan.

Dan patih inipun tak luput dari kemasukan roh jahat oleh setan kedalam hutan dan mengikatnya di muka istana sang rangda.
4. Babak Keempat
     Turunlah dewa siwa dan memberikan keabadian kepada sadewa dan keabadaian itu tidak diketahui oleh rangda, untuk mengkoyak-koyak dan membunuh sadewa tetapi tidak dapat dibunihnya karena kekebalan yang dianugerahi oleh dewa siwa. Rangda menyerah kepada sadewa dan memohon untuk bis diselamatkan agar dengan demikian dia bisa masuk surga, permintaan inipun dipenuhi oleh sadewa dan sang rangda mendapat sorga.
5.Babak Kelima
    Kalika adalah pengikut rangda menghadap sadewa, pendekar ini menimbulkan perkelahian, dan kalika berubah menjadi seekor babi hutan dan didalamnya pertarungan itu antara sadewa dengan babi hutan sadewa mendapat kemenangan itu, dan babi hutan menjadi burung tapi tetap dikalahkan. Dan akhirnya kalika (burung) berubah lagi menjadi rangda. Oleh karena saktinya randa ini maka sadewa tidak dapat  mengalahkannya dan akhirnya sadewa berubah menjadi barong. Karena sama saktinya maka pertarunga antara rangda dengan barong ini tidak ada yang menan dan dengan demikian pertarungan dan perkelahian ini berlangsung terus abadi kebajikan melawan kebatilan. Kemudian muncullah pengikut-pengikut barong masing –masing dengan kerisnya hendak menolong barong dalam pertarungan melawan rangda.

k. Cening Bagus
Cening Bagus merupakan salah satu tempat belanja oleh-oleh yang menawarkan berbagai produk yang selama ini menjadi ciri khas Bali. Berbagai oleh-oleh bisa pengunjung dapatkan mulai dari cemilan, baju kaos, batik, kerudung. Adapun yang menjadi keunikan dan pembeda Cening Ayu dengan tempat penjualan oleh-oleh Bali lainnya yakni disini barang-barang yang dijual lebih fokus kepada kaos lukis yang secara konvensional kaos-kaos itu dilukis oleh tangan-tangan terampil para pengrajin Bali.Selain kaos terdapat kerudung yang dilukis juga. Bagi pengunjung datang ke tempat ini bisa menyaksikan secara langsung para seniman lukis tersebut melukis baju kaos dan kerudung, tinggal di siapkan motif apa yang senangi bagi yang ingin memesan. Jadi, Anda bisa dengan leluasa ikut terlibat dalam menunjang ide lukisan kaos yang ingin Anda miliki tersebut.

BAB III
PENUTUP
      A.Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menyajikan objek-objek wisata yang berskala nasional maupun internasional. Selain itu, Bali juga merupakan daerah yang kental akan budaya dan tradisi sehingga menarik untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran dalam dunia pendidikan. Dengan adanya pendidikan diluar sekolah ini diharapkan mampu menciptakan rasa bersyukur kepada Allah SWT atas ciptaan dan anugerah-Nya, berfikir kreatif dan inovatif dalam mempelajari sesuatu sehingga mampu menciptakan ide yang berkembang menjadi lebih baik dah bahkan lebih sempurna.
      B.Saran
Dalam rangka meningkatkan perkembangan ilmu pengetahuan ada beberapa saran diantaranya:
       1).Untuk menumbuhkan konsep diri siswa agar siswa dapat berperilaku kreatif, serta disiplin, guru disarankan untuk bersikap empatik, menerima dengan terbuka, selalu mendorong siswa untuk menemukan ide-ide baru.
       2).Dengan adanya pembelajaran diluar ini siswa diharapkan mampu untuk berfikir kreatif dan inovatif sesuai dengan kurikulum 2013.
       3).Semoga dengan adanya pembelajaran diluar lingkungan sekolah ini membuat siswa menjadi berfikir objektif mengenai pentingnya untuk selalu mencintai budaya bangsa. Serta tidak lupa menjaga dan melestarikan asset budaya lainnya.